BREAKING NEWS

Sabtu, 30 Januari 2016

Yuk Kita Kenali Wayang sebagai Salah Satu Bentuk Kekayaan Indonesia

Yuk Kita Kenali Wayang sebagai Salah Satu Bentuk Kekayaan Indonesia
Blog.tokopedia.com
Sebagian diantara kalian yang masih bingung tentang apa itu wayang, tidak usah kebingungan lagi mulai dari sekarang. Artikel kali ini akan kasih tahu kamu tentang wayang. Wayang merupakan salah satu pertunjukan drama tradisional yang terkenal di Indonesia yang dimana digunakan sebagai upacara spiritual untuk berkomunikasi antara yang hidup dengan roh-roh leluhur. Awalnya wayang ini muncul dari bahasa Jawa yaitu dari kata Bayang yang artinya adalah bayangan atau imajinasi. Tapi bayangan disini maksudnya adalah roh atau jiwa.

Cerita dari lakon wayang itu biasanya diambil dari epik Ramayana dan Mahabharata. Kedua epik tersebut berasal dari India, tapi cerita dari Ramayana dan Mahabharata ini sudah sempat diubah orang Jawa dulu. Ada pula lakon yang lain loh yaitu berdasarkan cerita Indonesia lama seperti cerita Kala Rau dan cerita Panji.

Wayang ini tidak mungkin bisa main sendiri, jadi muncullah yang disebut “Ki dalang” dalam istilah perwayangan. Dalang disini bukan dalang dalam artian pencari masalah yaa, tapi “Ki dalang” adalah orang yang sangat penting dalam dunia perwayangan. “Ki Dalang” adalah si tukang cerita yang memainkan semua boneka wayang dan menyuarakan teks mereka, selain itu “Ki Dalang” juga bernyanyi dan memimpin gamelan wayang.

Wayang ini bisa dimainkan hingga 8 (delapan) jam dan biasanya dimainkan secara rutin di upacara-upacara candi yang tergolong suci, sering juga wayang ini dipertunjukkan di acara pernikahan serta di beberapa tempat umum.

Macam-macam Wayang yang Ada di Indonesia

#Wayang Kulit
Sumber foto: picturesocial.com
Wayang Kulit ini adalah wayang yang paling terkenal diantara wayang-wayang lain yang ada di Indonesia, wayang kulit terdapat di Pulau Jawa dan Bali. UNESCO sudah meresmikan wayang kulit sebagai Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity pada 7 November 2003. Cerita dari wayang kulit biasanya berunsur mistik seperti pertarungan antara yang baik dan yang jahat, atau cerita-cerita berbau moral. Wayang ini juga sering dimainkan bersama alat musik gamelan. Boneka wayang kulit ini sangat beraneka ragam dari daerah yang satu ke daerah yang lain. Di Solo, Jawa Tengah sendiri contohnya, wayang kulit asal Solo memang wayang kulit yang paling terkenal dan yang paling sering ditiru gaya nya oleh daerah-daerah lain. Wayang kulit juga terdapat di Jawa Barat, Banyumas, Cirebon, Semarang, dan Jawa Timur, Bali dan Lombok.

#Wayang Klitik
Sumber foto: kratonpedia.com
Wayang Klitik ini bisa dibilang sangat mirip dengan wayang kulit. Namun sebenarnya keduanya adalah berbeda, bentuk wayang klitik terbuat dari kayu pipih yang dibentuk dan disungging sehingga menyerupai wayang kulit purwa. Isi cerita wayang klitik berkisar pada babad tanah Jawa atau cerita rakyat mengenai legenda tanah Jawa, semisal Panji Semirang. Satu kelompok kesenian wayang klitik biasanya berjumlah 18 orang, yang dipimpin langsung oleh sang dalang dengan dibantu asistennya. Sisanya adalah 2 orang pesinden dan para penabuh gamelan.

# Wayang Golek
Sumber foto: tupaitambun.wordpress.com
Wayang Golek adalah seni tradisional wayang yang berasal dari wilayah Tanah Pasundan atau Sunda. Daerah penyebaran wayang golek ini dari Cirebon sebelah timur sampai wilayah Banten di sebelah barat, bahkan di daerah Jawa Tengah yang berbatasan dengan Jawa Barat sering pula dipertunjukkan pergelaran Wayang Golek. Perkembangan wayang golek dari abad 19 hingga abad ke 20 tidak lepas dari para “Dalang”, salah satunya Ki H. Asep Sunandar Sunarya yang telah memberikan inovasi terhadap wayang golek. Si Cepot merupakan salah satu kreativitasnya.

#Wayang Wong
Sumber foto: jpgmag.com

Wayang Wong / Wayang Topeng adalah tipe wayang yang dimainkan oleh orang yang menggunakan topeng yang menutupi wajah.  Pada zaman dahulu bentuk topeng nya berwujud peniruan wajah leluhur, yaitu orang yang sudah meninggal dunia. Wayang Topeng ini diiringi oleh gamelan dan tari-tarian, dan biasanya ditampilkan dalam pergelaran budaya dan juga pesta pernikahan untuk menghibur para tamu undangan sekitar 20 sampai 30 menit dalam pementasannya.

Blog.tokopedia.com

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 newblogws3