BREAKING NEWS

Senin, 01 Februari 2016

Tips Meredakan Nyeri Haid dengan Makanan

Tips Meredakan Nyeri Haid dengan Makanan

Foto: Thinkstock/9nong
Rasa sakit dan nyeri umum dialami wanita saat menstruasi, terutama di hari-hari pertama. Beberapa wanita merasakan nyeri tak tertahankan hingga kesulitan bergerak, sebagian lagi hanya mengalami sakit ringan namun tetap cukup mengganggu aktivitas.

Sakit saat menstruasi, atau istilah medisnya dysmenorrhea biasanya banyak dialami remaja wanita dan wanita muda. Selain nyeri beberapa wanita juga dilaporkan mengalami kram perut akibat datangnya haid. Tak jarang dari mereka yang terpaksa izin tidak masuk kantor karena rasa sakit yang tak tertahankan.

Nyeri, kram atau sakit akibat menstruasi bisa diredakan dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan. Tidak langsung menghilangkan sakit namun setidaknya akan membantu para wanita merasa lebih nyaman di tengah-tengah periode haid nya.
Pakar diet dan nutrisi klinis Pooja Makhija menyarankan untuk mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat, lebih direkomendasikan jenis yang sederhana karena mudah dicerna dan efeknya lebih cepat. Karbohidrat bisa didapatkan dari roti tawar, nasi, prata atau kentang. Jangan lupakan juga protein.

"Protein dari sumber berkualitas baik membantu meredakan sakit bulanan karena luruhnya dinding rahim," ujar Pooja seperti dikutip dari Times of India.

Sejumlah pakar nutrisu juga menyarankan konsumsi banyak buah-buahan, susu dan sayuran berwarna hijau. Bahan-bahan makanan tersebut bermanfaat melancarkan keluarnya darah saat menstruasi. Jangan lewatkan juga makanan mengandung vitamin D3 yang banyak terkandung pada keju, kuning telur dan ikan-ikanan.

Meredakan nyeri haid secara alami dengan makanan akan lebih baik ketimbang Anda mengonsumsi obat-obatan pereda rasa sakit. Nyeri haid reda, nutrisi pun tercukupi dan tubuh Anda lebih sehat.

Sumber : wolipop.detik.com

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 newblogws3