BREAKING NEWS

Senin, 01 Februari 2016

5 Cara Menyimpan Sikat Gigi Agar Tidak Jadi Sumber Penyebaran Kuman

5 Cara Menyimpan Sikat Gigi Agar Tidak Jadi Sumber Penyebaran Kuman

Foto: Getty Images
Seperti apa Anda terbiasa menaruh sikat gigi setelah digunakan? Disimpan di dekat wastafel, digantungkan di rak dinding kamar mandi atau diletakkan saja di sembarang tempat?

Sikat gigi yang kelihatannya bersih, ternyata berpotensi menumpuk kuman serta bakteri berbahaya. Berdasarkan hasil penelitian dari University of Manchester di Inggris, sikat gigi kemungkinan bisa terkontaminasi lebih dari 10 juta bakteri termasuk jenis yang berbahaya seperti E.coli (juga ditemukan pada faeses manusia) dan staphylococcus (bakteri penyebab infeksi pada luka).

Bakteri yang menempel pada sikat gigi tidak hanya berasal dari toilet atau kamar mandi. Tapi juga lingkungan lain apabila disimpan di dalam tas, loker, tas kosmetik atau koper.

Untuk meminimalisir paparan bakteri, ada lima langkah yang perlu dilakukan seperti disarankan dokter gigi Dr Mervyn Druian, dikutip dari Female First.

1. Jauhkan dari Toilet
Jika Anda harus menaruh sikat gigi di dekat toilet, pastikan Anda menutup kloset saat menyiram untuk meminimalkan penyebaran kuman lewat semburan air. Tapi bila memungkinkan, taruh sikat gigi Anda di ruangan selain kamar mandi.

2. Bilas Sampai Bersih
Bilas sikat gigi Anda setiap kali selesai menggosok gigi dengan air yang mengalir. Pastikan tidak ada sisa kotoran gigi maupun pasta gigi yang tertinggal. Pasta gigi yang tertinggal di sikat gigi akan menjadi sarang favorit bakteri untuk bersemayam.

3. Taruh Kepala Sikat di Atas
Taruh sikat gigi dengan bagian kepala menghadap ke atas, jangan sampai terbalik. Simpan pada tempat dengan sirkulasi udara yang baik. Menyimpannya di kabinet atau lemari akan meningkatkan pertumbuhan bakteri karena tempatnya cenderung lembap dan tidak ada sirkulasi udara.

4. Ganti Sikat Gigi Secara Berkala
Ganti sikat gigi Anda minimal setiap tiga bulan sekali. Frekuensi mengganti sikat bisa dipercepat apabila Anda terserang pilek atau flu. Ganti sikat Anda begitu terkena penyakit ini untuk mencegah virus penyebab flu tersebar pada sikat.

5. Jangan Berbagi
Jangan pernah berbagi sikat gigi dengan orang lain, termasuk suami atau anak Anda sendiri. Bakteri pada setiap individu berbeda-beda dan memakai sikat gigi secara bergantian hanya akan saling menularkan bakteri satu sama lain. Akibatnya, Anda atau anggota keluarga lain jadi lebih mudah terserang penyakit.

Sumber : wolipop.detik.com

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 newblogws3